WEBINAR SOSIALISASI PEMELIHARAAN BANGUNAN RUMAH SEDERHANA

Eksternal - 04 November 2020 - 12:00 AM

Minggu, 25 Oktober 2020 - Materi dibawakan oleh Oryza Lhara Sari dan Ian Isman Irfandi.

Sosialisasi dimulai oleh Ibu Oryza dengan membahas tentang pengertian pemeliharaan dan perbedaannya dengan perawatan bangunan. Salah satu bagian umum yang perlu diperhatikan pada pemeliharaan bangunan yaitu again arsitektural, bagaimana memelihara cat dinding pada bangunan rumah sederhana, jangka waktu pengecatan ulang dan bagaimana cara memilih cat dinding agar cukup awet untuk jangka waktu yang panjang. Dibahas pula pemeliharaan jendela, kunci, grendel dan engsel yang dimana bagian itu perlu diperhatikan agar fasilitas pintu dan jendela dapat bekerja dengan baik dalam waktu yang cukup lama. Dibahas pula bagian mekanikal pada rumah yang perlu diperhatikan, yaitu khususnya pada saluran air kotor dan air bersih.

 

 

 

 

 

 

 

Setelah materi tersebut, Bapak Ian membahas tentang bagian struktural dan tata ruang luar. Pada bagian struktural, dibahas bagaimana merawat struktur bangunan yang terbuat dari beton, pemilihan struktur dinding berdasarkan wilayah dan bagaimana cara merawatnya. Pada tata ruang luar difokuskan pada pembahasan pemeliharaan atap, yaitu kelebihan dan kekurangan pada masing-masing jenis tipe atap, dan pemeliharaan yang berbeda pada masing jenis tipe.

Di sesi akhir sosialisasi, peserta memberikan beberapa pertanyaan berdasarkan beberapa kasus permasalahan yang terjadi pada bangunan rumah milik peserta dan cara menanggulanginya. Pada sesi ini dibahas juga bagaimana pola pikir masyarakat sekarang yang lebih memilih untuk memperbaiki dibandingkan dengan memelihara sebelum kerusakan terjadi, pada nyatanya anggaran biaya yang diperlukan untuk memperbaiki sebenarnya lebih mahal dibandingkan dengan memelihara secara rutin.

Pernyataan penutup pada sosialisasi ini adalah pentingnya untuk menyebarluaskan materi sosialisasi webinar ini kepada kerabat terdekat ataupun keluarga, dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat awam akan pentingnya pemeliharaan bangunan rumah sederhana agar fasilitas dan keandalan dari bangunan rumah itu sendiri tetap layak digunakan untuk jangka waktu yang panjang.