(1) Praktisi; (2) Akademisi; (3) Pembuat Kebijakan; (4) Pengusaha |
- Menerapkan matematika, sains, dan prinsip rekayasa untuk membuat atau memodifikasi model untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks bidang rekayasa struktur, rekayasa sumber daya air, rekayasa transportasi, rekayasa geoteknik dan manajemen konstruksi
- Menyelesaikan masalah rekayasa kompleks bidang rekayasa struktur, rekayasa sumber daya air, rekayasa transportasi, rekayasa geoteknik dan manajemen konstruksi berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa, dengan mempertimbangkan faktor ekonomi, keamanan, keselamatan public dan kelestarian lingkungan meliputi kemampuan :
- Mengidentifikasi, memformulasi, menganalisis dan menemukan sumber masalah rekayasa sipil
- Mengusulkan solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah rekayasa sipil
- merancang dan merencanakan infrastruktur di bidang rekayasa struktur (jembatan dengan bentang minimal 40 m, Gedung minimal 10 lantai), rekayasa sumber daya air, rekayasa transportasi dan rekayasa geoteknik
- Memilih sumber daya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis yang paling sesuai, efektif dan efisien dalam penyelesaian masalah rekayasa struktur, rekayasa sumber daya air, rekayasa transportasi, rekayasa geoteknik dan manajemen konstruksi
Program Educational Objective (PEO) dirumuskan tidak hanya mengacu pada visi dan misi ITK tetapi juga mempertimbangkan masukan dari para pemangku kepentingan di bidang keilmuan dan profesi serta analisis profil lulusan program studi, hasil tracer study. PEO Program Studi Teknik Sipil:
1. Lulusan yang berkualitas, kompeten, profesional melalui metode Student Centered Learning (SCL) dan pembelajaran sepanjang hayat;
2. Lulusan yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan mampu bekerja secara mandiri maupun kelompok; dan
3. Lulusan yang mampu menyelesaikan permasalahan di bidang teknik sipil dengan mempertimbangkan etika dan lingkungan.
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dideskripsikan sebagai representasi operasional dari PEO dan sebagai rancangan kompetensi lulusan program studi dalam kurikulum.
CPL |
Deskripsi |
CPL.1 |
Mampu untuk berkomunikasi efektif secara lisan dan tulisan dengan audiens
yang bervariasi |
CPL.2 |
Mampu menyelesaikan permasalahan kompleks, serta mengambil keputusan
dengan mempertimbangkan aspek keberlanjutan serta memanfaatkan
teknologi informasi dan potensi sumber daya nasional dalam perspektif global |
CPL.3 |
Mampu berkolaborasi secara efektif dalam tim multidisiplin dan budaya
yang beragam, serta bersama-sama memiliki jiwa kepemimpinan untuk
mencapai tujuan |
CPL.4 |
Mampu mengaplikasikan nilai Pancasila, etika dan tanggung jawab profesional |
CPL.5 |
Mampu menunjukkan kemampuan belajar sepanjang hayat dan menerapkan pengetahuan tersebut sesuai kebutuhan dengan strategi pembelajaran yang tepat |
CPL.6 |
Memahami konsep teoritis sains alam dan matematika secara umum |
CPL.7 |
Memahami konsep dan prinsip dasar rekayasa sipil secara mendalam |
CPL.8 |
Memahami dan mengaplikasikan prinsip terapan dan metode aplikasi
peraturan, standar, pedoman dan manual bidang rekayasa sipil |
CPL.9 |
Memahami wawasan perkembangan teknologi mutakhir dan material maju di
bidang rekayasa sipil |
CPL.10 |
Mengembangkan prinsip dan metode aplikasi peraturan, standar, pedoman
dan manual bidang rekayasa sipil |
CPL.11 |
Mengkaji konsep dan prinsip pelestarian lingkungan |
CPL.12 |
Mampu mengkaji implikasi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memanfaatkan sumber daya alam guna mendorong kemajuan ekonomi masyarakat. |
Sumber: Keputusan Rektor Institut Teknologi Kalimantan Nomor: 2460/IT10/KM.03/2022 tentang Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
|