Studi Ekskursi Goes To Jogja - Malang

Internal - 26 Januari 2023 - 12:00 AM

Studi Ekskursi (SE) yang merupakan salah satu program kemahasiswaan sipil dan Program Studi Teknik Sipil Institut Teknologi Kalimantan, akhirnya dapat diselenggarakan kembali pasca pandemi COVID 19. Kegiatan yang sempat terhenti kala pandemi ini dilaksanakan kembali oleh mahasiswa angkatan 2020. Study Ekskursi kali ini diikuti oleh 22 mahasiswa dan 1 dosen pendamping. Kegiatan yang diketuai oleh Deny Irawan dan didampingi dosen Raftonado Situmorang, S.T., M.T. ini dilaksanakan mulai tanggal 8 hingga 14 Januari 2023 dengan menggunakan jasa Menggala Tour.

Tol Jogja - Bawen adalah kegiatan proyek yang dikunjungi dalam Kegiatan SE kali ini, Tol yang rencananya beroperasi di tahun 2023-2024 ini dikerjakan secara KSO antara PT Jasamarga Jogja Bawen  (JJB) dan PT Adhi Karya. Peserta SE berkesempatan untuk mendapatkan sharing informasi terkait pekerjaan Tol Jogja Bawen di site office proyek tersebut dan juga berdiskusi dengan pimpinan seperti Site Manager PT JJB dan Kepala Site Departemen K3 PT Adhi. Setelah pemaparan, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian cenderamata sebagai bentuk terimakasih kepada PT Jasamarga Jogja Bawen  (JJB) dan PT Adhi Karya atas kesempatan yang diberikan kepada peserta SE.

Selain mendapatkan pemapran, peserta SE juga berkesempatan untuk mengunjungi lokasi proyek Jalan Tol Jogja Bawen Seksi 1 di Kabupaten Sleman. Pekerjaan yang dikunjungi adalah Pekerjaan Stone Colomn (at Grade) dan Perkuatan Abutment (elevated). Peserta memperoleh tujuan dari kegiatan SE yaitu memperoleh pengetahuan, wawasan dan pengamatan langsung di lapangan, sehingga ilmu yang biasanya diberikan secara teori dari perkuliahan, dapat dilihat secara langsung di proyek.

Setelah mengunjungi proyek konstruksi, peserta SE juga melakukan wisata ke beberapa tempat di Kota Jogjakarta dan Kota Batu. Tujuannya yaitu untuk refresing sebelum memulai kembali perkuliahan di semester 6 bagi mahasiswa angkatan 2020. Beberapa tempat yang dikunjungi adalah Malioboro, Lava Tour Gunung Merapi, Taman Bunga Florawisata Santerra de lapponte, Museum Angkut, Air Terjun Coban Rondo, dan Eco Green Park.