Porgram Studi Teknik Sipil terpilih menjadi bagian dari Merdeka Belajar

Eksternal - 23 April 2021 - 12:00 AM

Balikpapan- Program Studi Teknik Sipil Institut Teknologi Kalimantan berhasil terpilih sebagai penerima program bantuan kurikulum dan implementasi Merdeka Belajar yang diadakan langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud). Latar belakang dari diadakannya pertukaran pelajar ini sendiri adalah  untuk membentuk beberapa sikap mahasiswa yang termaktub di dalam Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020, yaitu menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; serta bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

ada beberapa tujuan utama dari diadakannya program Merdeka Belajar: Kampus Merdreka, yakni:

  • Belajar lintas kampus (dalam dan luar negeri), tinggal bersama dengan keluarga di kampus tujuan, wawasan mahasiswa tentang ke-Bhinneka Tunggal Ika akan makin berkembang, persaudaraan lintas budaya dan suku akan semakin kuat.
  • Membangun persahabatan mahasiswa antar daerah, suku, budaya, dan agama, sehingga meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa.
  • Menyelenggarakan transfer ilmu pengetahuan untuk menutupi disparitas pendidikan baik antar perguruan tinggi dalam negeri, maupun kondisi Pendidikan tinggi dalam negeri dengan luar negeri.