Penyusunan Kurikulum MBKM? Untuk apa?

Eksternal - 15 Juni 2021 - 12:00 AM

Balikpapan- Pada hari sabtu tepatnya pada tanggal 29 Mei 2021,  Program Studi Teknik Sipil Institut Teknologi Kalimantan mengadakan  FOCUS GROUP DISCUSSION  (FGD). Kegiatan diskusi bersama yang dilaksanakan di ruang rapat LPPM Gedung Laboratorium Terpadu ITK yang baru saja diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. tersebut dihadiri oleh 20 peserta FGD dari perwakilan 6 Program Studi di Instutut Teknologi Kalimantan.

Diskusi bersama antar Program Studi Teknik Sipil, Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Program Studi Teknik Informatika, Program Studi Statistika, Program Studi Sistem Informasi, dan Program Studi Matematika tersebut membahas mengenai kurikulum tiap masing-masing prodi yang diharapakan dapat memberikan dukungan/support untuk mata kuliah yang ada pada program studi Teknik Sipil sebagai pelaksana kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Kegiatan diskusi bersama antar perwakilan dari 6 prodi terpilih ini dimaksudkan untuk mendukung penyusunan dari kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Dalam rangka menerapkan kebijakan MBKM untuk dapat melakukan penyelarasan kurikulum secara lebih terstruktur dan sistematis agar dapat bersifat adaptif, fleksibel, serta memiliki keterkaitan/relevansi mengenai mata kuliah yang direkomendasikan oleh tiap-tiap perwakilan dari kelima program studi tersebut.

Tujuan dilaksanakannya Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) ini sendiri untuk Memberikan Kompetensi tambahan, diluar kompetensi utama yang terlah dirumuskan dalam kurikulum teknik sipil. Dengan diadakannya program ini nantinya diharapkan mahasiswa/i Institut Teknologi Kalimantan dapat lebih mengeksplore dan menggali potensi yang ada didalam dirinya, dengan mengkolaborasikan pengetahuan yang ada didalam program studinya dengan ilmu yang ada diluar daripada program studinya, hal ini sendiri demi mengasah kemampuan yang ada didalam dirinya sesuai bakat dan minat untuk mempersiapkan karier di masa depan [.]