Pak Nadiem akhirnya meresmikan Laboratorium Terpadu ITK

Eksternal - 08 April 2021 - 12:00 AM

Balikpapan - Pada tanggal 7 April 2021 kemaren Mentri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikubud) Nadiem Makarim, B.A., M.B.A., akhirnya meresmikan gedung Laboratorium Terpadu ITK yang dihadiri i oleh Dirjen Pendidikan Tinggi Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., Anggota Komisi X DPR RI, Dr. Ir. Hetifah Sjaifudian, MPP., Staf Khusus Mendikbud, Jurist Tan, BA., MPA/ID., serta Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan, Dr. Abdul Kahar, M.Pd. 

Menurut laman website itk official, beliau mengapresiasi pembangunan gedung lab terpadu tersebut karena dapat membuka peluang kolaborasi antar mahasiswa dari berbagai latar belakang keilmuan yang ada di ITK. Ia pun juga berharap, keberadaan Laboratorium Terpadu yang mewadahi para mahasiswa dari berbagai macam prodi dapat menjadi pemantik lahirnya berbagai macam inovasi.

“Menurut saya ide yang sangat baik. Kalau di Jakarta banyak co-working space, kalau di ITK ada co-laboratory space. Sangat bagus, sangat efisien. Yang paling saya suka adalah kesempatan terbentuknya anak-anak dari berbagai prodi di dalam satu laboratorium yang sama,” tutur pria pencipta aplikasi Gojek ini.

Dalam pernyataannya Pak Nadiem juga menyatakan harapannya terhadap ITK dan universitas lain yang berada di dalam lingkupan Kalimantan Timur untuk bisa mulai melangkahkan kaki menuju perubahan yang kampus merdeka di luar pulau Jawa. karena menurutnya daerah luar jawa khususnya Kalimantan memiliki peluang yang besar dalam menghadapi transformasi di bidang pendidikan. 

Beliau juga mengatakan bahwa di era Kampus  Merdeka ini kemampan nomor satu dari para pemimpin yang terpenting adalah kenekatan, keberanian untuk mengambil resiko dan mencoba hal-hal baru. selain daripada meresmikan gedung lab terpadu, almnus Harvard Business School tersebut melakukan tour Laboratorium Terpadu ITK yang didampingi oleh Rektor ITK, Prof. Ir. Budi Santosa Purwokartiko, Ph.D, beserta jajarannya.