Magang versi MBKM?

Eksternal - 06 Juli 2021 - 12:00 AM

Balikpapan-pada hari kamis kemarin tepatnya pada tanggal 24 Juni 2021, diadakan Focus Group Discussion di salah satu hotel bintang 4 ternama di Balikpapan, dengan tema yang diusut adalah Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Seperti yang kita ketahui Magang adalah periode pengalaman kerja yang ditawarkan oleh suatu organisasi/instansi/perusahaan dalam jangka waktu yang terbatas. Magang itu sendiri memiliki tujuan sebagai tempat yang mewadahi para mahasiswa/i untuk bisa merasakan langsung seperti apa dunia kerja, hal ini dapat mempersiapkan para wisudawan/ti menghadapi dunia kerja setelah lulus kuliah nanti, tidak heran banyak dari universtias menjadikan magang ini sebagai salah satu syarat Kelulusan mereka.

Pada tahun 2021 hingga 2024 mendatang akan ada banyak kegiatan konstruksi seperti pekerjaan pembuatan rel kereta api, terowongan dan lain sebagainya. Untuk Balai Wilayah Sungai Kalimantan IV lebih didominasi dengan pekerjaan yang berhubungan dengan bendungan, irigasi dan yang berhubungan dengan air lainnya, lalu pada kegiatan dinas PU sendiri pekerjaan yang dibidangi adalah konstruksi, jalan dan lain sebagainya, untuk kegiatan proyeknya akan berlangsung dari bulan Desember yakni dengan proyek pembangunan kantor kejaksaaan. Selain itu ada penelitian yang terkait di bidang Geoteknik dan lain sebagainya sejauh ini masih berlangsung.

Untuk itu pemerintah pun mencetuskan program magang bersetifikat yang ada didalam program Merdeka Belajar, Magang bersertifikat ini merupakan bagian dari program kampus merdeka yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Di program magang bersertifkat, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman kerja di industri/dunia profesi nyata  dengan pembelajaran langsung di tempat kerja mitra magang mahasiswa/i diharapkan akan mendapatkan hard skills maupun soft skills yang akan menyiapkan mahasiswa agar lebih mantab untuk memasuki dunia kerja dan karirnya. Periode magang ini sendiri berlangsung selama 1-3 semester, dan 1 semesternya disetarakan dengan 20 sks. Lalu Mahasiswa yang  mengikuti program magang bersertifikat ini juga nantinya akan mendapatkan uang saku dari kementrian atau mitra yang bersangkutan. Bagaimana dengan proses seleksinya? Prosesnya seleksinya  sendiri akan diseleksi secara Administrasi dan akademik oleh mitra magang.