lebih dekat dengan JTSP di Nge'Gosip ITK

Eksternal - 27 Maret 2021 - 12:00 AM

Nge'Gosip ITK adalah acara yang diadakan oleh Institut Teknologi Kalimantan untuk semakin memperkenalkan prodi-prodi yang ada di ITK kepada calon mahasiswa baru hingga masyarakat yang hadir pada pertemuan tersebut. Pembawaannya yang santay dan bisa saling berdiskusi dengan tanya-jawab membuat Nge'Gosip ITK ini menjadi proyek ynag cukup baik untuk mempromosikan tiap-tiap jurusan dan prodi, dan salah satunya adalah jurusan JTSP.

JTSP sendiri adalah singkatan dari Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan yang mana didalamnya terdapat 3 program studi, yakni Pwk (Perencanaan Wilayah dan Kota), Arsitektur, dan Teknik sipil. Nge'Gosip yang dimoderatori oleh Dwiana Novianti Tufail, S.T., M.T. dosen asal pwk ini cukup menarik dengan beberapa narasumber dari ketiga jurusan yakni, Sherlia, S.T., M.Eng. dari prodi Arsitektur, Achmad Ghozali, S.T., M.T. dari prodi Perencanaan Wilayah dan Kota, dan Muhammad Hadid, ST., MT. dari prodi Teknik Sipil.

Pada pembahasan awal, setiap dosen menjelaskan tentang bagaimana awal mula munculnya prodi Teknik Sipil, Pwk dan Arsitektur. Teknik Sipil sendiri berdiri dari tahun 2012 bersma dengan 5 prodi dari angkatan awal ITK pertama berdiri, lalu setelah itu disusul oleh PWK yang muncul pada angkatan kedua tepatnya tahun 2013 yang dilegalitaskan pada tahun 2014. 7 tahun kemudian setelah prodi PWK terbentuk, prodi Arsitektur yang sudah di inisiasi sejak tahun 2017 akhirnya direalisasikan pada tahun 2020.

Setelah itu tiap narasumber menjelaskan tentang konsep pembelajaran yang ada di tiap-tiap prodi. PWK atau Perencanaan Wilayah dan Kota sendiri terfokus kepada perencanaan dari sebuah konsep tata wilayah disekitarnya, sedangkan Arsitektur menyesuaikan rancangan yang ada dengan kebudayaan yang ada disekitarnya, sedangkan Teknik Sipil terfokus kepada infrastruktur yang digunakan apakah sudah cocok atau tidak dengan kondisi ekonomi dan kekuatan dari bangunan yang direncanakan.

Apa saja yang dipelajari di program studi Teknik sipil?

Di teknis sipil akan melatih kemampuan berhitung  seorang mahasiswa hingga dapat dikembangkan secara mandiri. Pada tahun awal, mahasiswa akan dibekali oleh ilmu-ilmu dasar yang umum, seperti matematika, fisik, kimia dan kemampuan-kemampuan dasar komunikasi seperti karya tulisilmiah dan bahasa inggris. Lalu pada tahun kedua hingga akhir, akan memasuki program sarjana atau terfokus kepada bidang teknik siipil seperti struktur, geoteknik (mempelajari tentang tanah), hidroteknik, transportasi, material konstruktruksi, manajemen proyek. Pada di tugas akhir, mahasiswa akan diminta untuk mengambil salah satu dari sebelumnya .

Apa yang dipelajari di program studi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK)?

Pada tahun pertama dan kedua  penguatan  pada sisi dasar teknik, pada tahun pertama akan diperkenalkan dasar dari perencanaan, bukan dari sisi teoritis,  tapi lebih kearah visual yang dihasilkan oleh tiap mahasiswa. Prodi PWK sendiri kuat dalam mendeskripsikan dan sangat menonjolkan komunikasi yang diajarkan melalui komunikasi perencanaan. Pada tahun kedua,  mahasiswa diajarkan dasar dari pwk terkait seperti teknik sosial dan demografi. Yang menjadi ciri khas dari PWK adalah dengan adanya mata kuliah kompetensi perencanaan, seperti perencanaan kota dan akan lebih mendalaminya lagi setiap semester. Pwk juga mempelajari tentang bencana-bencana yang terjadi disekitar, apakah akan mendapat spesifikasi dalam merencanakan kota, wilayah dan sebagainya.

Apa yang dipelajari di program studi Arsitektur?

Inti dari pelajarannya adalah mendasain dan merancang bangunan, dimana akan dilakukan didalam sebuah studio. Dimulai di tahun kedua, mahasiswa akan mendesain bangunan sederhana, lalu setelah itu akan beralih kepada studio berikutnya, yang mana mahasiswa akan mendesain bangunan menengah seperti bangunan yang tinggi dan kompleksitas. Keunikannya dari program studi Arsitektur di ITK adalah arsitektur ekologi yang dipelajari dan ada di tiap rancangannya. Fisika, kimia adalah ilmu dasar yang akan dipelajari di semster awal. Ilmu dasar sains tersebut akan membantu memperkuat pengetahuan mengenai sains. Kegiatan di studio itu melakukan perencangan dari sebuah ide, yang diwujudkan dengan gambar skematik dan membuat maket (miniatur dari gambar bangunan) dari desain yang sudah dibuat. 

masih penasaran dengan kelanjutan dari Nge'Gosip bareng JTSP nya ITK lebih lanjut? bisa langsung cek pada link youtube yang tersedia. 

 

 

Video Terkait :